Beranda > Berita Umum > FKP Pintu Gerbang Penyusunan SPP

FKP Pintu Gerbang Penyusunan SPP

07 Desember 2023

Bogor, 7 Desember 2023. Bertempat di Padjadjaran Hotel Bogor, Balai Embrio Ternak (BET)melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Stadar Pelayanan Publik (SPP) terhadap seluruh layanan yang dimiliki oleh BET. Forum Konsultasi Publik kali ini dibuka secara langsung oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak drh. Agung Suganda, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh stakeholder yang berasal dari unsur UPT pusat, swasta, mahasiswa, akademisi, tokoh masyarakat, dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan tingkat provinsi, kota/kabupaten.

Foto FKP 1

BET Cipelang sebagai salah satu Penyelenggara Pelayanan Publik memiliki standar pelayanan yang nantinya akan ditetapkan terhadap setiap jenis layanan yang dihasilkan. Penyelenggaraan FKP berdasarkan pada PermenPANRB No. 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Penyelenggara Pelayanan Publik yang menyatakan bahwa dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, diperlukan peran serta masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang Adil, Transparan dan Akuntabel. Forum Konsultasi Publik diselenggarakan dengan komunikasi dua arah, dimana masyarakat dapat mengusulkan, memberi masukan dan saran kepada penyelenggaran pelayanan publik atas layanan yang diterima selaku pengguna layanan. Penyelenggaraan FKP merupakan rangkaian dalam penyusunan Standar Pelayanan untuk setiap layanan yang dihasilkan di BET, sesuai dengan PermenPANRB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. Tujuan penyusunan standar pelayanan adalah untuk memberikan kepastian, meingkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat. Standar Pelayanan disusun sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

Sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik, BET Cipelang memiliki 8 (delapan) jenis layanan, diantaranya adalah : 1) penjualan embrio; 2) penjualan ternak bibit; 3) layanan produksi dan transfer embrio; 4) permagangan dan penelitian; 5 jasa juri kontes ternak/narasumber/instruktur; 6) bimbingan teknis; 7) jasa edukasi wisata; 8) Data informasi dan dokumentasi. Komponen yang terdapat pada standar pelayanan adalah komponen service delivery (berkaitan dengan proses penyampaian pelayanan) dan manufacturing (berkaitan dengan proses pengelolaan pelayanan). Komponen service delivery merupakan komponen yang wajib untuk dipublikasikan karena berkaitan langsung dengan pengguna layanan.

fkp 2 FKP 3

Direktur perbibitan berkesempatan untuk membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik kali ini yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Evaluasi dan Koordinasi TE. Dalam arahannya, Dirbitpro menyampaikan bahwa Standar pelayanan yang telah disusun oleh BET ini akan menjadi tolok ukur yang akan menjadi pedoman untuk memberikan pelayanan kepada pengguna layanan. setiap pengguna layanan berhak tau standar pelayanan yang ada di BET termasuk diantaranya adalah biaya/tarif yang ditetapkan untuk produk layanannya seperti embrio dan ternak bibit. selain itu, beliau juga berpesan bahwa BET merupakan satu-satunya UPT kementan dengan tupoksi menghasilkan embrio dan melakukan TE, sehingga hadirin diharapkan mampu memanfaatkan produk BET secara maksimal sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam penyediaan benih dan bibit unggul nasional. Pelaporan kegiatan harus ditingkatkan sehingga pelaksanaan TE ini dapat dipetakan dengan jelas.

FKP 4

Pada kegiatan forum konsultasi publik ini, dilakukan penandatanganan berita acara FKP yang ditandatangani oleh perwakilan dari unsur masyarakat yang hadir. Setelah dilakukan perbaikan terhadap rancangan SPP yang disampaikan pada FKP kali ini, BET akan menyusun maklumat pelayanan dan SPP yang ditetapkan oleh kepala BET. SPP yang sudah ditetapkan kepala balai akan segera diupdate di website BET sekitar 2 minggu setelah FKP dilaksanakan. Standar Pelayanan akan berlaku pada Januari 2024. (YS)

Dibaca : 160 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

https://lapor.go.id/ SABERPUNGLI
Dupak e-Personal

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset