Logo

Kementerian Pertanian
Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan

Balai Embrio Ternak

Cipelang - Bogor

Tahun 2008, BET Cipelang telah membangun website yang pertama kali dengan alamat https://www.bet.cipelang.info dengan menggunakan Joomla sebagai manajeman konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka. Pada tahapan selanjutnya tanggal 17 Juli 2017 penerapan E-Government  mengunakan MySQL sebuah perangkat lunak system manajemen basis data yang multithread dan multi user. Dibadingkan dengan joomla, penggunaan manajemen website dengan MySQL akan lebih menjamin keamanan data dari peretas situs website (hacker).

Dengan telah dipergunakannya manajemen website yang semula joomla menjadi MySQL maka data akan lebih terjamin keamanannya. Pada ­–sistem yang kedua ini telah dibuat berbagai fasilitas untuk berinteraksi dengan publik (IKM Online) dan beberapa link untuk transaksi  Pengadaan Barang/Jasa dilaksanakan dengan menggunakan LPSA yang dikembangkan oleh LKPP, pelaporan keuangan dan perlengkapan (SAI, SAK, SIMAK BMN, SMART), pelaporan kinerja pemerintah (Esakip).Kepegawaian (Simpeg, Epersonal, ekinerja).

Pada tahapan penerapan E-Government yang ketiga tahun 2017, dikembangkan beberapa aplikasi yang bersifat  transaksional seperti SIBETI (Sistem Aplikasi BET Cipelang Indonesia) sebagai data base internal BET Cipelang, sedangkan sebagai penghubung pihak eksternal ke BET Cipelang tersedia Siscobeti (Sistem Aplikasi Customer Servis BET Cipelang Indonesia). Dengan Siscobeti diharapkan kebutuhan masyarakat akan pelayanan di BET Cipelang terpenuhi.

 Selain itu dilakukan upaya peningkatan kemampuan SDM dan sebagainya yang mendukung pelaksanaan administrasi internal.