Prgram Tanggung Jawab Sosial / Corporate Sosial Resposibility (CSR)

Tentang CSR
Merupakan tanggung jawab sosial atau yang lebih akrab disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep bahwa institusi memiliki suatu tanggung jawab sosial terhadap komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan seperti terhadap masalah-masalah yang berdampak pada lingkungan seperti polusi, limbah, keamanan produk dan tenaga kerja. Pada dasarnya, CSR tidak hanya terbatas pada pemberian dana kepada masyarakat dan lingkungan sosial saja, tetapi juga meliputi menjaga hubungan jangka panjang yang baik dengan para pihak yang terkait dengan perusahaan.
Sebagai bagian dari tanggung jawab institusi kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi, BET Cipelang menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR), untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara Perusahaan dan masyarakat sebagai salah satu stakeholder. Konsep program CSR yang kami kembangkan berasaskan pada pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dengan memberikan kontribusi positif pada pembangunan lingkungan, pembangunan sosial, dan Pembangunan ekonomi. Program CSR yang diselenggarakan BET Cipelang difokuskan pada 4 aspek yaitu:

Pendidikan
Sesuai dengan kompetensi Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, BET memberikan kegiatan CSR pada pendidikan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas masyarakat. Program-program kegiatan CSR pendidikan yang pernah diselenggarakan Perusahaan antara lain sebagai berikut:
• Magang bagi pelajar, SNAKMA, SMK dan SMA , terkait teknis manajemen pemeliharaan ternak dan administrasi perkantoran
• Magang / PKL mahasiswa, program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi agar lebih siap saat memasuki dunia kerja. Terdiri dari pelatihan materi terkait dunia kerja seperti praktek kerja lapangan.
• Pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi di sekitar BET.

Lingkungan
Bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), BET Cipelang mengadakan kegiatan menanam pohon di lingkungan kantor BET, sekitar kebun Hijauan Pakan Ternak dan sekitar sumber air gunung salak.

Pemberdayaan Masyarakat
Untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara Institusi dengan masyarakat di sekitar BET Cipelang, BET Cipelang membuat program-program CSR berbasis kemasyarakatan, yang ditujukan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar. Program-program CSR pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan adalah rekruitment pegawai kontrak/harian, magang dan pendampingan pemeliharaan ternak dan hijauan pakan ternak kepada peternak sekitar BET.

Sosial Keagamaan
Program CSR dalam kegiatan sosial diwujudkan dalam bentuk bantuan institusi pendidikan, atau perorangan. Beberapa program CSR pada kegiatan sosial antara lain sebagai berikut:
• Bantuan sapi untuk institusi Pendidikan yang dimanfaatkan untuk pembelajaran praktek tekonologi reproduksi
• Bantuan Penanganan adanya wabah penyakit
• Peringatan hari besar
Program CSR dalam kegiatan keagamaan diwujudkan dalam bentuk bantuan Paket Ramadhan untuk warga sekitar, bantuan Idul, Buka Bersama Pegawai kontrak dan harian yang diselenggarakan oleh BET Cipelang dan santunan anak yatim.

Laporan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial BET Cipelang Tahun 2021

Dibaca : 2 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal Pengendalian Bety

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset