Beranda > Berita Umum > BET Dukung Pembangunan Sektor Peternakan Palestina

BET Dukung Pembangunan Sektor Peternakan Palestina

06 Desember 2022

Cipelang, 6 Desember 2022.  Bertempat di Aula pertemuan BET Cipelang, peserta “training on management of artificial insemination program for palestine” disambut dengan hangat oleh Plt. Kepala Balai dan jajarannya.  Peserta pelatihan adalah petugas inseminator di Palestina.  Kunjungan ke BET Cipelang menjadi salah satu agenda dari kegiatan ini, untuk memberikan pengetahuan secara menyeluruh kepada seluruh peserta tentang penerapan bioteknologi transfer embrio di Indonesia. Kunjungan diawali dengan paparan tentang transfer embrio dan diskusi singkat dengan peserta.   

BET Cipelang sebagai satu-satunya instansi pemerintah dengan tupoksi melaksanakan produksi, pengembangan dan distribusi embrio ternak.  “Penggunaan teknologi transfer embrio pada ternak ditujukan untuk menghasilkan bibit unggul, bukan untuk menghasilkan ternak yang siap dipotong.  Untuk memenuhi kebutuhan daging, penggunaan inseminasi buatan menjadi pilihan tepat, dengan waktu cepat meningkatkan populasi ternak, biaya relatif lebih murah dan tingkat keberhasilannya juga relatif lebih tinggi dibandingkan transfer embrio,” ujar Muhammad Imron, Plt Kepala Balai. 

Foto Kunjungan Palestin  Kunjungan Palestin 2

Rumpun sapi yang berkembang di Palestina merupakan rumpun sapi eksotik yang telah beradaptasi dengan lingkungan Palestina.  Palestina sangat membutuhkan sapi yang mampu menghasilkan susu dan daging.   

Training ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dukungan dan sikap politik Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan pembangunan di sektor peternakan Palestina.  Sarastina menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian dan Japan International Cooperation Agency (JICA) melalui Balai Besar Insemiansi Buatan Singosari untuk membantu pembangunan sektor Peternakan Palestina.  Kegiatan ini dilaksanakan secara blended, antara daring dan luring.  Kegiatan daring telah dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 November 2022, dilanjutkan dengan kegiatan luring yang aan dilaksanakan pada tanggal 5 – 19 Desember 2022”.

Kunjungan ke lab 

Wael Halawa, salah satu peserta dari palestina menyampaikan ucapan terimakasihnya “ saya merasa sangat senang dengan kunjungan di BET Cipelang ini, mereka menjadi tahu tentang persiapan-persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan transfer embrio, dapat melihat rumpun sapi baru yang ada di Indonesia, serta berharap dapat melaksanakan transfer embrio di Palestina”. (YS)

Dibaca : 61 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset