Beranda > Berita Umum > Ombudsman RI, Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan Publik pada Balai Embrio Ternak

Ombudsman RI, Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan Publik pada Balai Embrio Ternak

11 November 2022

Bogor, Mewakili salah satu Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pertanian, Balai Embrio Ternak (BET) mendapatkan penilaian kepatuhan Standar Pelayanan Publik oleh tim dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Penilaian Kepatuhan terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh ORI dimaksudkan untuk mengetahui kepatuhan unit penyelenggara pelayanan publik terhadap pemenuhan standar pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Metode yang digunakan dalam penilaian adalah metode wawancara, pengamatan serta pengecekan dokumen oleh ORI. (11/11/2022).

Wawancara dilakukan kepada Kepala Unit Kerja, Kasubbag Tata Usaha, Penanggung Jawab Pengaduan Masyarakat dan Petugas Front Liner. Terdapat 4 kategori penting yang dapat disimpulkan dalam penilaian kepatuhan kali ini diantaranya: 1. kategori input, 2. proses, 3. output dan 4) pengaduan.

Pada kategori input, tim dari ORI melalukan wawancara terhadap struktural dan petugas untuk mendapatkan masukan terkait pelaksanaan kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang meliputi pertanyaan umum mengenai kelembagaan ORI dan pertanyaan khusus seperti, standar pelayanan, mal administrasi, tugas dan fungsi, kompetensi petugas, dll.

Terkait proses, tim ORI melakukan pengamatan terhadap salah satu produk layanan di laboratorium BET, yaitu proses produksi embrio, jaminan kualitas produk, sarana prasarana pelayanan, pengaduan customer, dll.

Terkait ouput dilakukan dengan metode wawancara kepada 10 responden pengguna layanan BET guna memperoleh informasi terkait output pelayanan yang diberikan BET.
Terkait pengaduan, penilaian dilakukan dengan metode wawancara kepada penanggungjawab pengaduan dan pengecekan dokumen pengaduan seperti SK tim pengelola pengaduan, alur pengaduan, penanganan pengaduan, sarana prasarana pengaduan, sistem komunikasi pengaduan, dll.

Muhammad Imron, Plt Kepala BET mengatakan “Kita tahu bahwa masyarakat saat ini ingin mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah, sehingga kita harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

“Sejauh ini BET telah memperoleh predikat pelayanan publik kategori “Sangat Baik” dari Kementerian Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun kita harus tetap melakukan self correction untuk memberikan layanan yang cepat, mudah dan murah kepada masyarakat” tegasnya. (MS)

Dibaca : 27 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset