BET Cipelang Lakukan Transfer Embrio di Provinsi Sulawesi Utara

15 Juni 2021

Dalam rangka mengakselerasi percepatan populasi Sapi/Kerbau dalam negeri dan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan protein hewani terutama daging dan susu, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan meluncurkan program Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN). Balai Embrio Ternak Cipelang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dengan fungsi dan tugas pokok yaitu produksi, transfer dan distribusi dalam upaya menjadi sumber benih dan bibit ternak sapi unggul nasional berperan aktif dalam mensukseskan program SIKOMANDAN ini melalui kegiatan Transfer Embrio.

Program Transfer Embrio dilakukan di daerah yang memiliki populasi ternak betina banyak. Salah satu daerah kegiatan transfer embrio adalah Provinsi Sulawesi Utara. Provinsi Sulawesi Utara terutama Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara merupakan daerah yang memiliki jumlah ternak betina produktif yang cukup banyak, Sehingga program transfer embrio provinsi Sulut dipusatkan di kabupaten ini. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pendampingan SIKOMANDAN. Kegiatan transfer embrio dan pendampingan ini dilaksanakan tanggal 7-11 Juni 2021 yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara.

Selain melaksanakan aplikasi Transfer Embrio juga melaksanakan pendampingan sikomandan dengan kegiatan Pemeriksaan Kebuntingan dan Inseminasi Buatan, serta kegiatan pendampingan UPT untuk meninjau potensi UPT perbibitan di daerah terutama UPT milik provinsi Sulawesi Utara yang berada di Tampuso, Kabupaten Tomohon.

Dibaca : 1 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal Pengendalian Bety