Akuntabilitas Kinerja

Program penguatan akuntabilitas kinerja bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja di lingkungan Balai Embrio Ternak Cipelang. Target yang ingin dicapai melalui program ini adalah meningkatnya kinerja dan akuntabilitas. Sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan yang telah ditetapkan dari Kementerian Pertanian.

Capaian akuntabilitas kinerja dari instansi pemerintah menjadi suatu hal yang penting dan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi. Hal ini dikarenakan pada dasarnya reformasi birokrasi dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Pemerintah harus menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik, salah satunya adalah akuntabilitas, yang diberi pengertian sebagai perwujudan kewajiban seseorang atau unit organisasi untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Laporan Akuntabilitas Kinerja yang secara periodik disusun untuk mengetahui akuntabilitas dari kinerja instansi pemerintah disampaikan kepada Kementerian Pertanian melalui aplikasi eSakip dan via email ke bagian pelaporan dan evaluasi dan pelaksanaan pada kegiatan pemantauan dan evaluasi program pembangunan pertanian melalui penyempurnaan aplikasi SIMONEV. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2010 tentang Pedoman Sistem Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan Pembangunan Pertanian.

 

http://esakip.pertanian.go.id/

 

 

Dibaca : 1 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal Pengendalian Bety