Terapkan K3, BET Cipelang Rutin Lakukan Medical Check Up

24 Februari 2021 | oleh menik setyarini

Bogor- Telah menerapkan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), secara berkala setahun sekali Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang lakukan medical check up (MCU) untuk seluruh pegawai. Dengan tetap menerapkan protocol kesehatan, MCU dilakukan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2021 di mess pelatihan BET Cipelang bekerjasama dengan RSVania Bogor. 

MCU bertujuan untuk mengetahui lebih dini kelainan atau potensi penyakit yang ada dalam tubuh pegawai serta untuk mencegah penyakit tersebut berkembang ke tahap yang lebih serius . Secara umum MCU bermanfaat melindungi tenaga kerja dari faktor yang membahayakan akibat penularan penyakit baik dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia atau sebaliknya dan penyakit akibat kerja.

Sesuai dengan amanat UU no 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dinyatakan bahwa Pengurus (Perusahaan)/pimpinan diwajibkan memeriksa kesehatan semua tenaga kerja yang berada di bawah pimpinannya secara berkala, maka MCU rutin dilakkukan untuk pegawai BET Cipelang.

Dalam Peraturan Menakertrans No Per.02/Men/1980 menjelaskan bahwa;
• Pemeriksaan Kesehatan Berkala dimaksudkan untuk mempertahankan derajat kesehatan tenaga kerja sesudah berada dalam pekerjaannya, serta menilai kemungkinan adanya pengaruh-pengaruh dari pekerjaan seawal mungkin yang perlu dikendalikan dengan usaha-usaha pencegahan.
• Pemeriksaan Kesehatan Berkala meliputi pemeriksaan fisik lengkap, kesegaran jasmani, rontgen paru-paru (bilamana mungkin) dan laboratoriuin rutin serta pemeriksaan lain yang dianggap perlu.
• Dalam hal ditemukan kelainan-kelainan atau gangguan-gangguan kesehatan pada tenaga kerja pada pemeriksaan berkala, pengurus wajib mengadakan tindak lanjut untuk memperbaiki kelainan-kelainan tersebut dan sebab-sebabnya untuk menjamin terselenggaranya keselamatan dan kesehatan kerja.

Kepala BET Cipelang, Oloan Parlindungan mengatakan, “MCU bermanfaat untuk mempertahankan derajat kesehatan tenaga kerja sesudah berada dalam pekerjaannya. Artinya adalah menilai kemungkinan adanya pengaruh dari pekerjaan seawal mungkin dan upaya pencegahannya, deteksi dini gangguan kesehatan baik faktor dari luar maupun dari pekerjaan dan lingkungan kerjanya.”

“Tahapan MCU yang dilakukan mulai dari 1) pemeriksaan riwayat kesehatan, meliputi infomasi gaya hidup, penyakit atau kondisi medis masa lalu dan saat ini, operasi atau prosedur medis lainnya, obat-obatan yang dikonsumsi, imunisasi, riwayat kondisi Kesehatan atau penyakit keluarga. 2) pemeriksaan tanda vital meliputi kadar oksigen dalam darah, suhu, tekanan darah, laju pernafasan, denyut jantung. 3) pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan paru, jantung, perut, leher dan kepala, kulit serta syaraf.” Jelasnya.

Pastikan selalu sehat dengan rutin melakukan MCU setidaknya setahun sekali. Seseorang yang rutin MCU memiliki kualitas hidup lebih baik karena mencegah lebih mudah daripada mengobati.

Dibaca : 1 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal Pengendalian Bety