Bekerjasama dengan DKPP Kota Bogor, BET Cipelang Lakukan TE di Kuntum Farm Field

16 Februari 2021 | oleh Cecep Sastrawiludin

Sampai saat ini teknologi Transfer Embrio terus dikembangkan untuk menjawab tantangan dalam penyediaan bibit sapi unggul nasional. Aplikasi Transfer Embrio  merupakan pemanfaatan potensi pejantan unggul (ellite bull) dan betina unggul (donor) melalui  sistem multiple ovulation yaitu ovulasi yang menghasilkan lebih dari satu sel telur yang kemudian dibuahi, diambil dan dipindahkan melalui transfer embrio  yang biasa disebut  multiple ovulation  embrio dan transfer.

Pelaksanaan Program Transfer Embrio salah satunya dilakukan di wilayah Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kota Bogor.  Untuk Pelaksanannya dilakukan pada sapi perah di lokasi Agro/edu Wisasa Kuntum Farmfield yang berada di Tajur – Kota Bogor. Kuntum Farmfield adalah wisata alam yang menyediakan wahana dan edukasi di bidang Peternakan dan pertanian, di lokasi ini terdapat Sapi FH betina produktif yang akan dibudidayakan dan diproduksi susunya.

Bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bogor, BET Cipelang melaksanakan kegiatan seleksi dan transfer embrio di Kuntum Farm Field, Tajur, Bogor. Setelah melalui deteksi birahi alami yang telah diamati mulai tanggal 5 sampai 6 Februari 2021, maka dilakukanlah seleksi calon Sapi Resipien pada tanggal 13 Februari 2021 sebanyak 3 ekor. Dari 3 ekor yang dilakukan seleksi, 2 ekor sapi yang memenuhi syarat untuk dilakukan Transfer Embrio. Tingkat kelayakan TE pada Sapi FH yang berada di Kuntum Farm cukup tinggi yaitu 70%, karena kecukupan pakannya terpenuhi.

Pelaksanan Transfer Embrio yang dilakukan pada 2 ekor sapi Resipien FH menggunakan Embrio beku dari bangsa sapi FH, pelaksanaan juga didampingi oleh Dirbitpro, dan Bidang Peternakan Kota Bogor yang bertujuan untuk koordinasi kegiatan pengembangan peternakan dan budidaya sapi perah khususunya di Kota Bogor.

Dibaca : 1 kali


Lokasi Kami

Peta Lihat di Google Map

Tidak puas dengan pelayanan kami? klik berikut:

Lapor! SABERPUNGLI
Dupak e-Personal Pengendalian Bety